Kamis, 10 Januari 2013

TUGAS MEMBUAT POSTER (PSIKOLOGI PERSEPSI)


POSTER MAKANAN TRADISIONAL


    dadar gulung merupakan makanan tradisional indonesia , biasanya kue dadar gulung di jual di pasar-pasar tradisional.
disini saya membuat iklan dari dadar gulung karena menurut saya dadar gulung ini merupakan makanan/kue tradisional yang sampai saat ini masih di gemari oleh banyak orang mulai dari anak-anak sampai dewasa.
dan bentuknya juga menarik , dadar gulung juga mempunyai banyak sekali varian warna dan rasanya , jadi menurut saya itulah alasan yang membuat saya ingin membuat iklan poster dari dadar gulung tersebut.

    Konsep : disini saya menggunakan konsep yang menurut saya bisa membuat urang menjadi fresh , disitu saya menggunakan hiasan makanan dari daun-daunan yang hijau. mengapa? karena menurut saya jika seseorang melihat daun yang hijau maka orang tersebut akan merasa tenang dan tentram.
di dalam iklan poster ini , daun tersebut akan sangat mendukung produk ini untuk menarik seseorang ketika melihat iklan ini, dan akhirnya orang tersebut akan membeli produk ini karena orang itu merasa kue ini menjadi fresh ketika daun-daunan tersebut menghiasi kue ini.

    Segmentasi : iklan ini di tujukan kepada kalangan menengah ke atas , karena saya rasa orang kalangan menengah atas itu sangat jarang menikmati jajanan tradisional, karena mungkin mereka mengira bahwa jajanan tradisional itu jajanan yang kurang menyehatkan dsb. 
disini saya mencoba membuat iklan yang di kemas dengan menarik dan bersih agar orang itu tau kalau jajanan tradisional tidak kalah menarik dengan kue-kue pada saat ini dari segi apapun , dari segi rasa, kemasan, keindahan dll.

    sosial budaya : pada era saat ini , jajanan tradisional sedikit demi sedikit hilang dan sudah tidak di konsumsi oleh kebanyakan orang , dikarenakan mungkin pada saat ini sudah banyak produk-produk makanan dari luar negeri dsb. jadi orang itu merasa sudah bosan mengkonsumsi makanan tradisional dan ingin mencoba makanan modern atau dari luar negeri .
    makanya saya disini membuat kemasan berbeda pada jajanan yang terdapat pada iklan ini , agar orang itu menjadi penasaran melihat kemasan jajanan tradisional yang dikemas sangat menarik dan tidak kalah dengan jajanan modern dan kemudian orang itu akan membelinya.

    prediksi : iklan ini akan menarik perhatian semua kalangan terutama pada kalangan menengah ke atas karena pengemasan pada iklan ini sangat indah dan menarik.




POSTER IKLAN LAYANAN MASYARAKAT &  KRITIK SOSIAL

    pada akhir-akhir ini banyak sekali kejadian yang di lakukan oleh manusia dan sangat merugikan sesama manusia dan juga lingkungannya, terutama penebangan hutan yang dilakukan dengan liar/illegal , itu sangat amat merugikan , bisa berakibat bencana seperti banjir, erosi, tanah longsor dsb.

    konsep : disini saya menggunakan konsep yang menkritik orang-orang yang tidak bertanggung jawab menebang hutan secara liar demi kepentingan pribadinya. tetapi disini saya mengemasnya tidak menunjukan penebangan hutan secara langsung , disini saya cuman menggambarkan hutan tersebut sebagai rumput , dan orang yang menebang hutan secara liar saya gambarkan sebagai pemain sepak bola.
    visualisasi : disitu terdapat lapangan yang di ibarat kan hutan dan juga pemain sepak bola yang sedang menyiram rumput itu ibarat orang yang sedang merawat tumbuhan/hutan . dan disitu terdapat tagline "BISAKAN ,TIDAK HANYA MENGINJAK TUMBUHAN" , tag line itu jika di jabarkan akan berarti bisakan tidak hanya merusak tanaman/ hutan ? karena orang yang bermain sepak bola itu otomatis akan menginjak rumput , dan disitu terdapat orang yang menyiram rumput . yang berarti orang tersebut merawat tanaman.
jadi intinya , jangan hanya bisa merusak keindahan alam , cobalah untuk menjaganya . karena hutan sendiri bisa mencegah bencana alam yang bisa merugikan manusia . jadi rawatlah hutan tsb , jangan bisanya hanya merusak hutan dengan cara penebangan poho-pohon secara liar, itu sangat merugikan diri sendiri dan orang lain.

    segmentasi : iklan ini ditujukan kepada semua kalangan , karena semua orang/kalangan bisa saja melakukan perbuatan itu. karena penebangan tidak dapat di prediksi , mulai kalangan bawah sampai atas bisa saja melakukan perbuatan itu demi dirinya sendiri.

    prediksi : iklan ini akan menarik semua orang dan orang yang melihat iklan ini akan sadar tentang pentingnya hutan bagi semua orang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar